RESUME MU 10 DAN 11

PART 10 
  • Pengawasan : Proses untuk menjamin bahwa tujuan organisasi dan manajemen tercapai 
  • Proses Pengawasan
  1. Penetapan Standar Pelaksanaan
o   3 bentuk standar umum :
         Standar Fisik : kuantitas barang/jasa, kualitas produk
         Standar Moneter : biaya kerja, pendapatan
         Standar waktu : batas waktu produksi
 2. Penetapan Pengukuran Pelaksanaan
o   Berapa kali dilakukan
o   Dalam bentuk apa pengukuran akan dilakukan
  o   Siapa yang terlibat  
3. Pengukuran Pelaksanaan Kegiatan
o   Pengamatan (observasi)
o   Laporan-laporan (lisan / tulis)
o   Metoda otomatis
o   Inspeksi, Pengujian (test), Pengambilan sampel à internal auditor
4. Perbandingan dan analisa penyimpangan
5. Pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan : standar diubah, pelaksanaan diperbaiki, atau keduanya dilakukan secara bersamaan
  • Pentingnya Pengawasan
o  Perubahan lingkungan organisasi : Mampu menghadapi tantangan / memanfaatkan setiap kesempatan
o  Peningkatan kompleksitas organisasi : semakin besar organisasi, pengawasan semakin berhati-hati
o  Kebutuhan pendelegasian wewenang
  • Ciri-ciri Pengawasan Efektif
o   Akurat
o   Tepat waktu
o   Obyektif
o   Terpusat pd titik-titik pengawasan strategik
o   Realistik secara ekonomis & organisasional
o   Terkoordinasi
o   Fleksibel à terhadap ancaman dan kesempatan
o   Bersifat sebagai penunjuk dan operasional
o   Diterima oleh seluruh anggota organisasi
PART 11
  • Perubahan : segala sesuatu yang berubah dari awalnya 
  • Karakteristik
o   Adanya ketidak pastian yang terprediksi
o   Menciptakan peluang dan tantangan
  • Kekuatan Pendorong Perubahan
o   External Forces
1.      Pasar
2.      Peraturan pemerintah & Undang-undang
3.      Teknologi
4.      Fluktuasi Pasar Tenaga Kerja
5.      Perubahan Ekonomi
o   Internal Forces
1.      Strategi Organisasi
2.      Angkatan Kerja
3.      Peralatan Baru
4.      Sikap Karyawan
  • Agen Perubahan : seseorang yang menjadi katalisator yang diasumsikan sebag`i manager proses perubahan 
  • Tipe Agen Perubahan
o   Managers: internal entrepreneurs
o   Nonmanagers: change specialists
o   Outside consultants: change implementation experts
  • Persoalan dalam Perubahan Organisasi
o   Perubahan Budaya Organisasi
- Budaya kebal terhadap perubahan
§  Pembentukannya membutuhkan waktu yang lama
§  Cenderung menjadi berurat dan berakar
- Faktor situasi dalam perubahan budaya:
§  Terjadi krisis yang dramatis
§  Pergantian Pimpinan
§  Organisasinya muda dan kecil
§  Budayanya lemah
o   Menangani Stress Karyawan
- Stres : tekanan fisik dan psikologis yang dirasakan seseorang ketika menghadapi hambatan, tuntutan  atau peluang  yg luar biasa dimana hasilnya dianggap tidak pasti dan penting
o   Mengurangi  Stress
- Seleksi Karyawan
- Hubungkan dengan Tasks, Duties, and Responsibilities (TDR’s)
- Tinjauan pekerjaan yg realistis
- Improvisasi Komunikasi Organisasi
- Program perencanaan kinerja
- Perencanaan ulang pekerjaan
- Memberikan progam bimbingan konseling
- Program manajemen waktu
- Program pemulihan/kebugaran
o   Membuat Perubahan yang sukses
- Menciptakan pernyataan perubahan yang dapat dipahami
- Berkomunikasi secara jujur
- Partisipasi karyawan sebanyak mungkin
- Menghormati keprihatinan karywan terhadap perubahan tetapi juga mendorong karyawan untuk lebih fleksibel
- Menyingkirkan yg menolak perubahan
  • Merangsang & Memelihara Inovasi
o   Variabel Struktur
- Struktur organik
- Ketersediaan sumber-sumber yang melimpah
- Komunikasi yang terus menerus
- Meminimalisasi tekanan waktu
- Dukungan pekerjaan & Non pekerjaan
o   Variabel Budaya
- Menerima ambiguitas/ketidakjelasan
- Menolerir hal-hal yang tidak praktis
- Pengendalian eksternal yg rendah (sedikit aturan dan kendali)
- Menolerir resiko
- Menolerir konflik
- Berfokus pada hasil bukan cara
- Umpan balik yang positif atas ide kreatif karyawan

RESUME MU 8 DAN 9

PART 8
  • Yang terpenting dalam suatu organisasi adalah SDM, SDM yang dimaksud adalah personalia
  •  Fungsi Proses Penyusunan Personalia :
1. Memastikan bahwa karyawan yang dipilih adalah yang kompeten.
2. Memberikan karyawan pengetahuan dan keterampilan yang up-to-date untuk dapat melakukan pekerjaan mereka.
3. Memastikan bahwa organisasi tersebut mempertahankan karyawan yang kompeten dan berkinerja tinggi.
  • Proses Penyusunan Personalia :
1. Perencanaan sumber daya manusia, yang dirancang untuk menjamin pemenuhan kebutuhan personalia organisasi.
2. Penarikan, yang berhubungan dengan pengadaan calon-calon personalia segaris dengan rencana sumber daya manusia.
3. Seleksi, mencakup penilaian dan pemilihan diantara calon-calon personalia.
4. Pengenalan & orientasi, yang dirancang untuk membantu individu-individu yang terpilih menyesuaikan diri dengan lancar dalam organisasi.
5. Latihan dan pengembangan, program ini bertujuan meningkatkan kemampuan perseorangan dan kelompok untuk mendorong efektivitas organisasi.
6. Penilaian pelaksanaan kerja, dilakukan dengan membandingkan antara pelaksanaan kerja perorangan dan standar-standar yang dikembangkan bagi posisi tersebut.
7. Pemberian balas jasa dan penghargaan, yang disediakan bagi karyawan sebagai kompensasi pelaksanaan kerja dan sebagai motivasi bagi pelaksanaan di waktu yang akan datang.
8. Perencanaan dan pengembangan karier, yang mencakup transfer (promosi), penugasan kembali, pemecatan, pemberhentian atau pensiun.
  • Motivasi : Segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tertentu atau paling tidak berkeinginan  untuk bersikap tertentu
  • Model motivasi : 
1. Motivasi Tradisional
  o   Frederick Taylor
         o   Pengupahan intensif merupakan motivasi (lebih banyak produksi, lebih banyak penghasilan) 
2. Model Hubungan Manusiawi
o   Elton Mayo
o   Pejerjaan yang terus menerus akan membosankan
o   Pemenuhan hubungan sosial
3. Model Sumber Daya Manusia
o   Mc Gregor dan Maslow
o   Karyawan dimotivasi oleh banyak faktor
  • Beberapa teori motivasi adalah sebagai berikut :
(a) Hirarki Kebutuhan Maslow

1. Kebutuhan fisiologis : makan, minum, tempat tinggal
2. Kebutuhan akan keamanan dan keselamatan : bebas dari ancaman
3. Kebutuhan sosial : rasa memiliki, berafiliasi, berteman, rasa cinta
4. Kebutuhan harga diri : penghargaan  diri, otonomi, status, penghormatan, atensi
5. Kebutuhan aktualisasi diri : meningkatkan penggunaan kemampuan, keahlian dan potensi

(b) Teori Kebutuhan ERG dari Alfeder

1. eksistensi (exsistance: E) : makanan, minuman, udara
2. keterkaitan (relatedness : R) : hubungan sosial, hubungan antar pribadi
3. pertumbuhan (growth : G) : keinginan untuk mengembang-kan diri

(c) Teori motivasi dari Frederick Herzberg

1. hygiene factor, yaitu  bila faktor ini ada maka karyawan akan puas, tetapi bila tidak ada akan menimbulkan ketidakpuasan
Misalnya : upah, jaminan pekerjaan, kondisi kerja, status
2. motivation factors, yaitu bila faktor tersebut ada maka akan menggerakkan tingkat motivasi yang kuat dan dapat menghasilkan prestasi kerja yang baik pada karyawan, tetapi bila tidak ada maka tidak akan timbul ketidakpuasan yang berlebihan
Misalnya : prestasi, pengakuan, tanggungjawab, kemajuan

(d) Teori Kebutuhan Menurut McClelland

1. kebutuhan berprestasi (need of achievement) : dorongan  untuk mencapai bahkan melampaui standart yang telah dibuat
2. kebutuhan berkuasa (need of power ) : keinginan untuk membuat orang lain melakukan cara yang dikehendaki
3. kebutuhan berafiliasi (need of afiliation ) : keinginan untuk menjalin hubungan akrab dan bersahabat
PART 9
  • Komunikasi : proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain 
  • Fungsi komunikasi
o   fungsi kontrol : pengendali perilaku
o   fungsi motivasi : faktor meningkatkan motivasi
o   fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
o   fungsi informasi : penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan
  • Hambatan Komunikasi Efektif
1.      Hambatan-hambatan organisasional
o   Tingkatan hierarki
o   Wewenang manajerial
o   Spesialisasi
2.      Hambatan-hambatan antar pribadi
o   Persepsi selektif
o   Status/kedudukan komunikator
o   Keadaan membela diri
o   Pendengaran lemah
      o   Ketidaktepatan penggunaan bahasa
  •  Kepemimpinan : Kemampuan untuk mempengaruhi kelompok menuju pencapaian sasaran 
  • Kekuasaan : Kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar melakukan sesuatu (meskipun tidak diinginkan)
  • Teori Kepemimpinan
1. Great-man Theory:
o Setiap jaman memiliki pemimpin besar. Perubahan sosial terjadi karena para pemimpin besar memulai, memimpin perubahan, dan menghalangi orang lain yang berusaha membawa masyarakat kearah yang berlawanan (James, 1980)
o Kepemimpinan merupakan bakat atau bawaan sejak seseorang lahir
o pemimpin dilahirkan bukan diciptakan
o Kekuasaan berada pada sejumlah orang tertentu, yang melalui proses pewarisan memiliki kemampuan memimpin atau karena keberuntungan memiliki bakat untuk menempati posisi sebagai pemimpin
o “Asal Raj` Menjadi Raja”

 2. Trait theory
o Ada karakteristik seseorang (personality trait) yang membedakan seorang pemimpin dengan yang bukan pemimpin
o Contoh: kemampuan adaptasi terhadap situasi, kepekaan sosial, ambisius, asertif, kooperatif, decisive, dapat diandalkan, keinginan untuk mendominasi, energik, percaya diri, resistance terhadap stres, mau mengemban tanggung jawab, cerdas, memiliki hubungan manusiawi
o Seseorg dapat menjadi pemimpin apabila memiliki sifat yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin
o Titik tolak teori : keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh sifat kepribadian baik secara fisik maupun psikologis
o Keefektifan pemimpin ditentukan oleh sifat, perangai atau ciri kepribadian  yang bukan saja bersumber dari bakat, tapi dari pengalaman dan hasil belajar
o Sifat-sifat kepemimpinan:
  1. Kemampuan sebagai pengawas (supervisor ability)
  2. Kebutuhan akan prestasi dalam pekerjaan (tanggung jawab dan keinginan untuk sukses)
  3. Kecerdasan (kebijakan, daya pikir, kreativitas)
  4. Ketegasan (decesiveness): kemampuan membuat keputusan & memecahkan masalah
  5. Kepercayaan diri
  6. Inisiatif, kemampuan bertindak
3. Contingency theory
o Kepemimpian dipengaruhi oleh situasi dimana faktor-faktor tertentu dari situasi menentukan ciri-ciri pemimpin yang sesuai untuk situasi tersebut
o Munculnya pemimpin dalam suatu organisasi tergantung pada aspek karakteristik birokrasi, organisasi informal, karakteristik hubungan antara atasan bawahan, rancangan tugas yang memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri dan aspek kesesuaian antara sasaran organisasi dengan sasaran individual para anggotanya(Bennis, 1981)

4. Behavioral theory
o Membedakan antara seorang pemimpin dengan yang bukan pemimpin adalah adanya perilaku yang spesifik yang sengaja dibentuk untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif
o Perhatian pada 2 aspek :
Fungsi kepemimpinan
Task related (fungsi yg berhubungan dengan tugas)
Group maintenance (pemeliharaan kelompok)
Gaya kepemimpinan
Task oriented (orientasi pada tugas)terstruktur/tidak
Employee oriented (orientasi dengan karyawan/pada hubungan)formal/tidak

5. Big Bang Theory
o Suatu peristiwa besar menciptakan seseorang menjadi pemimpin
o Mengintegrasikan antara situasi dan pengikut
o Situasi merupakan peristiwa besar seperti revolusi, kekacauan/kerusuhan, pemberontakan, reformasi, dll
o   Pengikut adalah orang yang menokohkan seseorang dan bersedia patuh dan taat

RESUME KSI PART 7 DAN 8

Resume KSI pertemuan 7 dan 8
Penggunaan teknologi informasi untuk membantu mengumpulkan, mengatur, dan berbagi pengetahuan bisnis dalam organisasi.
Artificial Intelligence
* Sebuah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan disiplin ilmu komputer (computer science), biologi (biology), psikologi (psychology), linguistik, matematika, dan rekayasa (engineering)
* Tujuannya adalah untuk mengembangkan komputer yang dapat mensimulasikan kemampuan untuk berpikir, serta melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasa
* Attributes of Intelligent Behavior:
   - Pikiran dan Alasan
   - Menggunakan alasan untuk memecahkan masalah
   - Belajar atau memahami dari pengalaman
   - Mendapatkan dan menerapkan pengetahuan
   - Menunjukkan kreativitas dan imajinasi
   - Menghadapi situasi yang kompleks atau membingungkan
   - Merespon dengan cepat dan berhasil untuk situasi baru
   - Mengenali pentingnya relatif dari unsur-unsur dalam situasi

* Cognitive Science
   - Berbasis di biologi, neurologi, psikologi, dll
   - Fokus penelitian pada bagaimana cara otak manusia bekerja , berpikir dan belajar.

* Robotika
   - Berbasis pada AI, teknik dan fisiologi 

   - Robot mesin dengan kecerdasan komputer dan dikendalikan komputer, kemampuan fisik mirip manusia
* Natural Interfaces
   - Berbasis di linguistik, psikologi, ilmu komputer, dll
   - Termasuk bahasa alami dan pengenalan suara
   - Pengembangan perangkat multiindrawi yang menggunakan berbagai gerakan tubuh untuk mengoperasikan komputer
   - virtual reality
Menggunakan multi sensor interface manusia-komputer yang memungkinkan pengguna untuk merasakan simulasi komputer dari benda, ruang dan "dunia" seolah-olah mereka benar-benar ada

* Expert Systems
  - Sebuah pengetahuan sistem informasi berbasis (KBIS) yang menggunakan pengetahuan tentang aplikasi, khusus kompleks untuk bertindak sebagai konsultan ahli untuk pengguna akhir
   - KBIS adalah sistem yang menambahkan basis pengetahuan ke komponen lain pada IS
* Expert System Benefits 
  - Lebih cepat dan lebih konsisten daripada ahli
  - Dapat memiliki pengetahuan dari beberapa ahli
  - Tidak lelah atau terganggu oleh terlalu banyak pekerjaan atau stres
  - Membantu melestarikan dan mereproduksi pengetahuan para ahli

* Expert System Limitations
  - Fokus Terbatas
  - Ketidakmampuan untuk belajar
  - Pemeliharaan masalah
  - Pembangunan biaya

* Suitability Criteria for Expert Systems

  - Domain: area subyek yang relatif kecil dan terbatas
  - Keahlian: solusi memerlukan upaya ahli
  - Kompleksitas: solusi dari masalah adalah tugas kompleks yang membutuhkan proses inferensi logis (tidak mungkin dalam pengolahan informasi konvensional)
  - Struktur: proses solusi harus mampu mengatasi masalah yang tak-terstruktur, tidak pasti, data yang hilang dan bertentangan
Membangun Bisnis/IT Solution 
1.Bagaimana pembuatannya
2.      Langkah-langkahnya seperti apa
3.      Bagaimana prototypingnya
4.      Bagaimana pengaturan objek
5.      Implementasi
6.      Perbandingan antara yang lama dan baru
7.      Perubahan apa saja yang aka nada
8.      Apa alas an perubahan tersebut
Pendekatan sistem : membuat atau membangun penyelesaian yang benar dan bisa dilaksanakan. Yang mempunyai langkah-langkah :
1.      asalahnya kenapa sampai harus diganti
2.      Evaluasi alternative
3.      Memilih penyelesaian yang benar-benar dibutuhkan
4.      Mendesign
5.      Implementasi dan promosi
Sistem Berfikir :
1.      Melihat hubungan antar sistem dari pada sebab dan akibat
2.      Melihat proses
3.      Menemukan input-proses-output-control
Inisialisasi/pengenalan :
1.      Infrastruktur yang berubah
2.      Bisa plan atau unplann
Perencanaan dan Penyelarasan Tujuan Perusahaan dan IS :
1.      Menerjemahkan tujuan strategis dan organisasi
2.      Usaha yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang baik
3.      Pembangunan
-          Creative analisis : mencoba pendekatan baru
-          Critical analisis : tidak boleh membingungkan, hati-hati dengan hubungan antar sistem
Studi Kelayakan :
1.      Informasi user
2.      Resource
3.      Projectnya sendiri
Macamnya :
- Operational : bisa mendukung, bisa menyelesaikan masalah, cocok dengan sistem organisasi tersebut
- Economic : cukup, bisa menghasilkan keuntungan, bisa investasi
- Teknik : hardware, software, network
- Organisasi analisis : struktur organisasi, orang-orangnya, aktivitasnya, hal yang sekarang ada dalam organisasi